nuansa bening umbulnogo, petilasan raden mas Said “pangern samber nyowo”

jernihnya air umbulnogo menyimpan sejarah mataram.
pangeran samber nyowo yang berkelana ketika ia memerintah kerajaan mataram sempat beristirahat di tempat ini bersama para prajuritnya.
terlepas dari sejarah tersebut sekarang umbul nogo dijadikan sebagai tempat mebudidayakan berbagai jenis ikan air tawar. di sekitar sumber ini juga terdapat kolam ikan milik warga sekitar umbul nogo. kolam umbul nogo sendiri dipisahkan ke dua tempat yang berbeda, kolam satu untuk ikan kecil dan kolam yang lain untuk ikan yang telah siap dipanen.
disamping menjadi tempat budidaya ikan umbul nogo juga merupakan sumber air bagi masyarakat kecamatan Manyaran. sumber air disini dipasang PDAM/pam.
melimpahnya air di umbul nogo memiliki banyak manfaat bagi masyarakat umbul nogo khususnya dan kec.mayaran, kab.wonogiri pada umumnya.
eksotis yang dipancarkan alam umbul nogo juga menjadi daya tarik bagi pengunjung meskipun tempat ini tidak digunakan untuk tempat wisata namun sebelum masuk sumber air umbul nogo terdapat kolam renang yang sering dikunjungi para pelancong dari daerah sekitar.

PKL sejarah 2012 Universitas Diponegoro

PKL sejarah 2012 Universitas Diponegoro

praktik kerja lapangan mahasiswa jurusan ilmu sejarah FIB UNDIP di adakan di Blitar,Malang dan mojokerto. rangkaian acara PKL tersebut di antara nya praktikum lapangan di candi panataran,singasari,kidal,jago dan situs trowulan yang besar area nya mencapai lebih dari satu kecamatan selain itu demi menyelamatkan nasionalisme mahasiswa, panitia mengadakan kunjungan ke makam bung karno di kota blitar. serangkaian acara tersebut di adakan kemarin pada 12-15 mei 2013 dengan peserta 98 mahasiswa dan di dampingi dua dosen jurusan ilmu sejarah.

museum karst pracimantoro

museum karst pracimantoro

Di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro – yang menjadi pusat penelitian kawasan karst – terdapat puluhan gua yang unik dan menakjubkan. Di sana terdapat Gua Tembus, Gua Mrica, Gua Sodong, Gua Potro, Gua Sapen, Gua Gilap, dan Gua Sonya Ruri. Berdasarkan penelitian para ahli sejarah dan geologi, kawasan gua-gua di Pracimantoro Wonogiri layak dijadikan sebagai situs Kawasan Karst yang unik di Indonesia.
Kawasan karst di Pracimantoro dinilai terbaik oleh para ahli sejarah dan geologi karena telah memenuhi kriteria keberagaman gua-gua, struktur lapisan tanah, dan panorama alam yang khas. Kawasan karst di wilayah ini dinilai lebih baik daripada kawasan karst yang ada di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gunung Kidul.

trowulan

trowulan

Trowulan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terletak di bagian barat Kabupaten Mojokerto, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jombang. Trowulan terletak di jalan nasional yang menghubungkan Surabaya-Solo.

Di kecamatan ini terdapat puluhan situs seluas hampir 100 kilometer persegi berupa bangunan, temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit. Diduga kuat, pusat kerajaan berada di wilayah ini yang ditulis oleh Mpu Prapanca dalam kitab Kakawin Nagarakretagama dan dalam sebuah sumber Cina dari abad ke-15. Trowulan dihancurkan pada tahun 1478 saat Girindrawardhana berhasil mengalahkan Kertabumi, sejak saat itu ibukota Majapahit berpindah ke Daha.

study budaya

study budaya

study budaya jurusan sejarah fakultas ilmu budaya UNDIP, pada 22-24 maret 2013 bertempatkan di plaosan kabupaten klaten jawa tengan.
dengan peserta 100 mahasiawa angkatan 2012 dan 60-70 angkatan senior sebagai panitia dan tamu undangan.